You are here: Home > Article > Knowledge Management

Knowledge Management

Knowledge Management(KM) mungkin barang “baru” bagi banyak kalangan, di dunia industry KM ini telah menjadi sesuatu yang sangat vital agar perusahaan menjadi survive dan sustainable dengan terus berinovasi. Modal penting berinovasi adalah tersedianya KM. Isu terbesar dari trend dunia setelah globalisasi adalah KM. Dunia industry menyebutnya sebagai Knowledge Based Business atau Knowledge Economy Driven.

Menurut Zack seorang Professor di sebuah University di US, agar sukses maka maka ada Gap yang harus dipenuhi antara “What we can do” dengan “What we must do”, tetapi jarang yang menyadari bahwa ada kaitan antara “What we can do” dengan “What we know”, antara “What we must do” dengan “What we must know”, oleh karena itu untuk menutupi atau menghilangkan Gap tersebut dengan cara memenuhi gap antara What we know dengan What we must know.

Itulah mengapa dibutuhkan Knowledge Management (KM). KM sendiri diawali dengan mendorong komunitas untuk berbagi (Knowlegde Sharing), baik dengan menuliskan apa yang ada di”Benak” (Tacit Knowldeg) mereka sampai mensubmit apa yang mereka punya untuk di submit ke dalam repository agar dapat dapat dinikmati oleh yang lain. Begitupula sebaliknya, komunitas praktisi juga harus dengan sukarela melakukan “Added Value” terhadap knowledge yang sudah di “submit” tersebut.

Wikipedia atau Pedia lainnya memang memiliki peran sebagai repository bagi knowledge, namun sebenarnya perlu ada repository khusus yang sifatnya local, bahkan dengan subject khusus misalnya matematika atau karakter dlsb. Tentunya harus ada Community of Practice yang merawat knowledge local tersebut.

Repository seperti wikipedia, jurnal, blogs dsbnya akan menjadi sumber dan resources bagi Community of Practice untuk nantinya difilter dan dikontekskan dengan subject dan kebutuhan pembelajaran bagi setiap subject (bahan mengajar) maupun level peserta belajar.

Ilustrasinya sebagai berikut :
Setiap anggota Community of Practice (CoPs) untuk Subject : Metode Pendidikan Karakter Anak, misalnya, akan dengan mudah berbagi knowledge dengan mensubmit artikel atau journal atau ide ke dalam Community Knowledge Repository (CKR). JIka diperlukan di dalam CKR ini akan dibuat lagi subspace (semacam folder) untuk Forum Diskusi, Artikel, Research, Journal dsbnya. Siapapun bisa sharing sepuas2nya. Disisi lain CKR ini juga dibuat untuk subject2 tertentu seperti Science, Creativity dsbnya.

Lalu bagaimana kita mencari hasil diskusi, journal atau artikel tertentu dsbnya… padahal setiap hari knowledge akan terus bertambah… nah disinilah perlunya TAXONOMY.. suatu metode untuk mengklasifikasi document yang kita submit..

Setiap member dari CoPs ketika melakukan submit ke dalam CKR perlu untuk menambahkan taxonomy dari METADATA document sehingga memudahkan kembali bagi ember lain untuk melakukan Retrieval. Tentunya harus duduk bareng untuk mendefinisikan Taxonomy yang sesuai. Secara umum taxonomy bisa disusun berdasarkan subject learning, object learning, source learning, type learning, institutional learning dsbnya. Tentunya secara hierarchy bisa di breakdown lagi sesuai dengan kebutuhan.

Satu hal lagi adalah perlunya SME (Subject Matter Expert) yang mengawal “Gold Knowledge”, artinya knowledge yang sudah siap dihidangkan dan digunakan secara instant oleh komunitas, hasil menggali atau menambang dari berbagai knowledge di CKR tadi. Tentunya di setiap komunitas ada dijumpai SME ini, yang tentunya mau berbagi dan menyediakan waktunya serta kepakarannya untuk komunitas.

Dalam jangka panjang Knowldge ini akan terus mengalami added value yang bermanfaat bagi komunitasnya serta ummat manusia secara keseluruhan. Inilah yang dimaksud “AMAL JARIAH” yang pahalanya mengalir terus menerus walaupun kita sudah tiada…

Dengan demikian Knowledge menjadi milik semua, pendidikan juga bisa dinikmati oleh semua. Knowledge for All, Education for All… menjadi kenyataan.

Sumber : Harry Santosa (Milist sekolahrumah@yahoogroups.com)

Sumber : http://salmanalfarisy.web.id/2007/09/01/knowledge-management/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

18 Responses to “Knowledge Management”

  1. America Lule says:

    I will be vying for an interview with a air tool manufacturers this week. I am nervous.

  2. Dear Sir… I’d prefer to be to the point. I am building backlinks to my esl resource site and I hope you would allow my link here. This website is a completely free site which helps non-native speakers on the essentials of essay writing and I am certain that ESL students will enjoy it. Once again, I hope you will not delete my posting, and I thank you in gratitude.

  3. I truly like your article. Amazing job!

  4. Great art, I would thank to writer becaus i’ve found a lot interesting info. Im waiting for more posts. Bye!:)

  5. Hello all my friends! I would like to leave 0.2cents that this post is totally superb, very nice describes the topic and include almost all important informations. Reading this post Was pleasure for me 🙂

  6. grow taller says:

    Hello all my friend! I want to say that this article is really nice, very well describes the topic and include most of all needed infos. Reading this post Was pleasure for me 🙂

  7. grow taller says:

    Hello ! I’d like to say that this post is excellent, very nice describes the topic and have almost all needed infos. Reading this post Was pleasure for me 🙂

  8. I cling on to listening to the rumor talk about receiving boundless online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Could you tell me please, where could i find some?

  9. Renda Gubler says:

    o-ring manufacturers

  10. Hi all my friend! I want to say that this article is really awesome, very nice describes the subject and include most of all important info. I really enjoyed reading this 🙂

  11. grow taller says:

    Good article, I want say thanks to admin becaus i have read here a lot exciting knowledge. I will subscribe to this blog. Bye!:)

  12. Hello,great blog post. Informations are very exciting and saved me many time which I have spend on something else instead of googling 🙂 Im waiting for more, bye 🙂

  13. I am glad to stumble upon this blog. Surprisingly I have been trying to create one similar to this too, but not savvy enough on how to do it. Tell me about this “blogging” portal? Is it difficult? Is it required to be well versed in computers to have a blog? I am trying to hammer together a simple blog for my learn english writing writing website. Can it be integrated into an existing website?

  14. Hello,very good post. Informations are very exciting and saved me a lot time which I could spend on something else instead of searching 🙂 Thank you

  15. grow taller says:

    Superb post, I want say thanks to writer coz’ i’ve found many exciting info. Im waiting for more posts. Best regards

  16. Hello all my friend! I want to leave 0.2cents that this article is really awesome, very well describes the topic and contains all needed infos. I’d like to see more posts like this 🙂

  17. get taller says:

    Nice info, I want say thanks to writer because i’ve found a lot useful info. I will definitely subscribe RSS. Best regards

  18. Jason says:

    Brilliantly written post, keep it going!

Leave a Reply